Instagram Reels Kini Bisa 3 Menit, Ini Alasan di Balik Perubahannya

Sahrul

Head of Instagram, Adam Mosseri, mengumumkan bahwa durasi konten di Instagram Reels kini diperpanjang menjadi tiga menit.

Dalam unggahannya di Instagram, Mosseri menyatakan bahwa durasi Reels yang sebelumnya hanya 90 detik terasa terlalu singkat.

“Kami sebelumnya hanya mengizinkan reels hingga 90 detik karena fokus kami pada video pendek bukan video berdurasi panjang,” ujar Mosseri dalam postingannya di Instagram, dikutip CNBC Indonesia, Rabu (22/1/2025).

“Tapi kami mendengar feedback dari pengguna yang mengatakan bahwa durasi 90 detik terlalu pendek bagi mereka yang ingin membagikan cerita lebih panjang,” imbuhnha.

Langkah ini berbeda dengan pernyataan Mosseri pada Juli tahun lalu, yang menyebutkan bahwa Instagram tidak akan fokus pada video berdurasi panjang, karena hal tersebut bisa mengganggu identitas utama platform, yaitu menghubungkan orang-orang dengan teman-temannya.

Instagram bisa dibilang terlambat dalam memperpanjang durasi konten di Reels. Sementara itu, pesaing utamanya, TikTok, sudah lebih dulu memungkinkan video berdurasi 3 menit sejak tahun 2021.

Kabarnya, Instagram sempat menguji coba durasi video hingga 10 menit, namun memutuskan untuk menunda peluncurannya. Akibatnya, opsi untuk mengunggah video panjang hanya tersedia untuk unggahan non-Reels.

Also Read

Tags

Leave a Comment