Perbedaan Ubuntu Desktop dengan Ubuntu Server

Ubuntu termasuk distro Linux terbaik dan banyak digunakan, tapi ada perbedaan mencolok antara Ubuntu Desktop dengan Ubuntu Server.01 January 2024Perbedaan Ubuntu Desktop dengan Ubuntu Server

Pemilihan yang Bijaksana jika anda menggunakan linux sebagai sistem operasi untuk desktop pc atau laptop namun sebelum lebih jauh melangkah, anda baiknya membaca dan memahami Perbedaan Ubuntu Desktop dengan Ubuntu Server. 

Ubuntu Desktop: Aplikasi & Tampilan

  • - Memiliki antarmuka grafis yang lengkap, seperti GNOME, yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sistem menggunakan GUI yang ramah pengguna.
  • - Memasang lebih banyak aplikasi dan alat bawaan, seperti LibreOffice, untuk mendukung kebutuhan penggunaan sehari-hari.
  • - Memerlukan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi, karena harus mendukung antarmuka grafis dan aplikasi berbasis GUI.
  • - Cocok untuk penggunaan umum sehari-hari, seperti menjelajahi internet, bekerja dengan dokumen, atau pengalaman penggunaan komputer biasa.
  • - Menggunakan pemasang desktop yang memiliki antarmuka grafis yang lebih ramah pengguna.
  • - Umumnya memiliki dukungan perangkat keras yang lebih baik, karena lebih umum digunakan pada berbagai jenis komputer.

Ubuntu server: Efesiensi & Stabilitas

Versi server dalam sistem operasi, termasuk Windows, seringkali hadir dengan aplikasi minim dan tanpa antarmuka pengguna grafis (GUI), walau Windows Server memiliki GUI. Sistem operasi server menitikberatkan pada keamanan, stabilitas, dan efisiensi perangkat keras. Sehingga dibuat tanpa beban ekstra dan dilengkapi mekanisme bawaan untuk mengelola tugas administratif seperti penyediaan, kontrol akses, atau pembaruan. Versi server, dengan target audiens yang lebih terbatas, cenderung memiliki dukungan perangkat keras yang kurang atau driver yang terbatas dibandingkan OS desktop.

Sekarang anda sudah mulai memahami perbedaan tersebut, memilih sistem operasi antara Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server tergantung pada kebutuhan spesifik pengguna. Apakah itu untuk penggunaan harian di desktop atau implementasi server yang dioptimalkan untuk kinerja dan keamanan.


Komentar (0)

Kasih komentar
Kami tidak akan gunakan dan bagikan kesiapapun