Cara Export & Backup Database MySQL Menggunakan SSH

Cara cepat backup dan ekspor database mysql di server menggunakan ssh terminal02 January 2024Cara Export & Backup Database MySQL Menggunakan SSH

Dalam tutorial kali ini, kami akan memandu anda tentang cara mengekspor database mysql dengan mudah. Mengekspor data secara rutin merupakan ide bagus sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu database diserver anda mengalami masalah.

Langkah awal, anda perlu masuk kedalam terminal server anda melalui SSH, jika sudah masuk perlu anda pastikan database nama saja yang akan dibackup selanjutnya anda perlu menjalankan perintah berikut ini:

mysqldump -p -u nama_pengguna nama_database > nama_file_database.sql

Setelah itu, Biasanya anda akan diminta memasukkan kata sandi database tersebut, ketik password untuk nama pengguna, lalu tekan Enter. Gantilah nama_pengguna, kata_sandi, dan nama_database contoh diatas dengan informasi MySQL yang ingin anda backup.

Setelah selesai mengeksekusi ekspor database, file nama_file.sql berisi backup database Anda dan siap diunduh ke komputer atau hard disk Anda atau bisa pindahkan ke tempat aman dan dapat di gunakan ketika dibutuhkan. Selamat mencoba!


Komentar (0)

Kasih komentar
Kami tidak akan gunakan dan bagikan kesiapapun