Cara Periksa Kapasitas Maksimum RAM Komputer Windows OS

Upgrade komputer? Periksa slot RAM & kapasitas maksimal di PC/laptop Windows. Pahami cara mudahnya untuk efisiensi peningkatan kinerja sistem Anda.27 January 2024Cara Periksa Kapasitas Maksimum RAM Komputer Windows OS

Banyak pengguna PC desktop atau laptop secara tidak sadar belum mengetahui bahwa komputer mereka dapat diupgrade hingga batas maksimum.

Seperti menambah RAM komputer hingga maksimum sesuai dengan spesifikasi tertentu, tentunya dengan meng-upgrade dapat meningkatkan kinerja PC atau laptop kamu menjadi lebih cepat dan tidak lamban.

Cara mudah memeriksa kapasitas maksimum RAM PC atau laptop pada OS windows caranya cukup mudah, dan berikut cara cepatnya:

1. Buka Command Prompt Windows

Langkah awal ini anda cukup membuka command prompt windows, bisa dengan mencari pada kolom pencari dengan mengetikan CMD atau Command Prompt.

BACA JUGA: Microsoft Wacanakan Windows 12 Wajib Gunakan RAM 16GB

2. Jalankan Perintah MaxCapacity


Selanjutnya, anda jalankan perintah " wmic memphysical get MaxCapacity, MemoryDevices", Maka pada CMD akan muncul keterangan tentang maksimum slot memori RAM yang dan total kapasitas maksimal ram  yang dapat ditambahkan.

Pada contoh diatas, kami mencoba salah satu komputer dengan OS windows 10 menjalankan perintah tersebut dan hasilnya adalah, PC desktop terdapat 2 slot RAM dan dapat ditingkatkan dengan maksimal kapasitas 32GB.


Yang artinya, dapat membagi masing-masing memori RAM 16Gb untuk tiap slotnya, jika dihitung manual 33554432 : 1048576 maka akan menhasilkan 32.

Itulah tutorial cara melihat maksimal kapasitas ram pada PC desktop atau Laptop untuk OS windows, sehingga anda dapat maksimalkan setup anda sesuai dengan keinginan anda. Selamat mencoba!


Komentar (0)

Kasih komentar
Kami tidak akan gunakan dan bagikan kesiapapun