Wi-Fi 7 Segera Meluncur, 5x Lebih Cepat Dari Generasi Sebelumnya!

Cocok untuk VR/AR, Wi-Fi 7 dikabarkan lebih cepat dari Wi-Fi 6 dan akan tersedia secara global ditahun 2024.11 December 2023Wi-Fi 7 Segera Meluncur, 5x Lebih Cepat Dari Generasi Sebelumnya!

Aliansi Wi-Fi telah mengonfirmasi bahwa standar Wi-Fi 7 akan dirilis sebelum akhir kuartal pertama tahun 2024. Ini menjanjikan kecepatan multi-gigabit dan peningkatan lainnya dibandingkan dengan standar Wi-Fi 6 saat ini. Pada tahun lalu, Intel dan Broadcom memamerkan kecepatan Wi-Fi 7 (juga dikenal sebagai 802.11be) mencapai 5 Gbps - secara signifikan melampaui maksimum tipikal Wi-Fi 6 sekitar 1,7 Gbps. Wi-Fi 7 mencapai ini dengan memungkinkan perpindahan yang mulus antara frekuensi 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz, yang dapat diakses oleh perangkat yang kompatibel secara bersamaan.

Selain itu, spektrum 6GHz menawarkan akses ke saluran superlebar 320MHz, menggandakan throughput dibandingkan dengan Wi-Fi 6 - faktor kunci dalam peningkatan kecepatan. Standar baru ini juga meningkatkan tingkat transmisi sebesar 20 persen dengan meningkatkan dari 1024 QAM menjadi 4K QAM. Koneksi Wi-Fi 7 juga diharapkan lebih stabil dibandingkan dengan spesifikasi sebelumnya.

Operasi multi-link secara cerdas menyeimbangkan lalu lintas, memungkinkan jaringan untuk menampung lebih banyak perangkat dengan efisien. Aliansi menyarankan bahwa standar baru ini akan sangat cocok untuk aplikasi realitas virtual dan augmentasi. Persetujuan preliminer FCC baru-baru ini untuk tethering Wi-Fi ultra cepat pada spektrum 6GHz merupakan langkah signifikan menuju memungkinkan peralatan VR dan AR untuk menggunakan Wi-Fi 7.

Beberapa perusahaan ternama juga berencana untuk merilis PC yang mendukung Wi-Fi 7 mulai tahun depan, dengan ketersediaan pasar secara luas pada tahun 2025. Qualcomm juga optimis tentang Wi-Fi 7, menggabungkannya ke dalam program FastConnect-nya bersama dengan 5G. Sejak tahun lalu, produsen lain sudah meluncurkan produk dengan menggunakan spesifikasi draf, termasuk Netgear, TP-Link, Asus, Amazon, dan Gigabyte.

Bagi mereka yang ingin meningkatkan desktop mereka untuk Wi-Fi 7, adapter PCIe yang baru diumumkan oleh Gigabyte adalah bisa menjadi pilihan. Kartu satu slot ini menawarkan kecepatan hingga 5,8 Gbps dan mencakup semua fitur spesifikasi resmi dari Aliansi, meskipun harga dan ketersediaannya masih harus dikonfirmasi. Motherboard yang mendukung Wi-Fi 7 dari sebagian besar produsen besar sekarang tersedia bagi mereka yang ingin memulai bangunan PC baru.

Komentar (0)

Kasih komentar
Kami tidak akan gunakan dan bagikan kesiapapun